Sabtu, 09 September 2017

Yakin Udah Kenal Dengan Diri Sendiri?

Assalamu’alaikum teman semua pada kesempatan kali ini saya ingin membahas sebuah tema yang menyangkut dengan kebiasaan sehari-hari kita sebagai manusia ciptaan Allah. Kalian juga sudah paham betul bahwa Allah Maha Besar, Dia pemilik kerajaan di langit dan bumi, tak ada yang tidak mungkin bagi Dia jika ingin berkehendak.



Begitupun dengan ciptaanNya di dunia. Ada miliyaran manusia hidup dan tinggal di muka bumi namun tak ada satupun yang serupa. Seperti bunyi pepatah populer “Setiap diri manusia adalah unik.” Nah apakah teman sudah tahu keunikan diri kalian dimana? Sudah sejauh mana Anda mengenali diri yang sebenarnya?

Menurut Ibu Dina Kamalia sebagai seseorang yang bisa menganalisa tipe kecenderungan setiap orang, memfatwakan bahwa proses mengenal diri berlanjut sepanjang hayat untuk terus bertumbuh. Dengan beragam metode yang berkembang saat ini, salah satu solusi untuk mengetahui seperti apa pribadi kita, dengan melakukan tes.


Salah satu konsep yang dipakai untuk mengetahui tipe kecenderungan diri setiap insan, dapat diketahui dengan mengadopsi DISC. Apa pula DISC itu ya? Udah penasaran kan? Yuk simak penjelasan di bawah.

Konsep DISC sebagai alat ukur untuk menggolongkan manusia berdasarkan tingkah lakunya dalam pekerjaan dan kelompok kerjanya, penjelasan dari Bu Dina saat mengisi materi di matrikulasi mahasiswa Kampus Umar Usman Batch 5 pada Rabu, 6 September 2017.

DISC sendiri adalah perwakilan dari setiap kata yaitu :
D = Dominance
I = Influence
S = Steadiness
C = Complience

Keempat kata di atas mewakilkan sifat-sifat yang menjadi kecenderungan dalam diri masing-masing orang.  Nah saya mau membeberkan sifat-sifat apa saja yang terwakilkan, dan adakah yang cocok dengan sifat teman-teman?



Sebelumnya saya ingin menegaskan bahwa konsep ini hanya untuk membantu kita lebih mengenal diri dan orang lain secara spesifik. Supaya terbantu dalam meningkatkan kualitas pribadi dan menghadapi orang lain dengan beragam karakter. Bukan sebagai acuan mutlak untuk dilabeli dalam diri, sehingga dijadikan sebuah alasan saat situasi tidak berjalan sesuai yang diinginkan.

Oke, kita mulai. Siap menjadi lebih baik?

Tipe D(ominance) :
·         Pengendali
·         Pemberani
·         Senang Bersaing
·         Fokus pada tugas
·         Berkemauan keras
·         Tidak sabaran

Tipe I(nfluence) :
·         Luwes
·         Senang bergaul
·         Optimis
·         Sigap
·         Berpengaruh
·         Emosional

Tipe S(teadiness) :
·         Tenang
·         Kalem
·         Harmonis
·         Rendah hati
·         Sabar
·         Lambat

Tipe C(omplience) :
·         Cerdik
·         Analitis
·         Hati-hati
·         Akurat
·         SOP Minded
·         Individual

Jadi sudah menemukan diri teman-teman ada di posisi mana? Setiap bagian ada kelebihan dan kelemehannya. Semoga membantu teman semua untuk lebih mengenal sifat diri sendiri, dan memaksimalkan kelebihan serta meminimalkan kelemahan.


Juga jadi lebih terarah dalam pendekatan komunikasi ketika berhadapan dengan orang yang berbeda sifat dengan kita. Semoga bermanfaat J. See ya~



#MatrikulasiHariKetiga
#Review
#Part5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar